Penyakit Diabetes Mellitus

Penyakit Diabetes Mellitus

Penyakit diabetes Mellitus atau diabetes mellitus dikenal oleh kalangan awam sebagai penyakit gula. Penyakit gula ini sendiri sebenarnya ada dua macan, yaitu diabetes Mellitus dan diabetes inspidus. Namun yang lebih banyak dikenal sebagai penyakit gula ini adalah penyakit diabetes mellitus


Penyebab Penyakit Diabetes Mellitus

Penyakit diabetes Mellitus terjadi karena adanya kelainan metabolisme zat hidrat arang. 50% disebabkan oleh faktor turunan yang ditandai dengan air seni yang melimpah serta adanya glukosa (gula darah) di dalam darah dan air seni. Penyakit ini mungkin muncul sebagai faktor bawaan (genetik) atau karena pola hidup yang salah.

Penyakit diabetes Mellitus ini juga dapat terjadi karena adanya penyakit yang menyerang kelenjar ludah perut atau karena adanya ketimpangan – ketimpangan lain di dalam jaringan-jaringan tubuh yang mengganggu metabolisme zat hidrat arang.

Penyakit diabetes Mellitus dapat mengenai siapa saja, perempuan dan laki-laki, orang dewasa, orang tua, atau bahkan anak-anak. Namun, orang yang bertubuh gemuk mempunyai risiko terkena diabetes Mellitus yang lebih besar daripada orang yang memiliki berat badan normal.


Gejala Penyakit Diabetes Mellitus

Seseorang yang muali terserang penyakit diabetes Mellitus ini biasanya menunjukkan gejala-gejala sebagai berikut:

  • Air seni terlalu banyak
  • Mengompol (pada penderita anak-anak)
  • Keinginan buang air besar di malam hari
  • Rasa haus yang amat sangat
  • Nafsu makan bertambah namun berat badan justru menurun
  • Badan terasa lemah
  • Kulit terasa gatal

Hasil pemeriksaan laboratorium pada penderita diabetes Mellitus akan menunjukkan adanya gula di dalam air seni dan kadar glukosa yang tinggi di dalam darah. Glukosa ini bertumpuk di dalam darah dan kemudian dibuang melalui air seni, bukan digunakan sebagai penghasil tenaga.

Penyakit diabetes Mellitus ini tidak dapat dibiarkan begitu saja karena dapat menimbulkan komplikasi yang akan memperpendek usia penderita. Jika dibiarkan tanpa pengobatan yang tepat, maka lambat laun akan terjadi kerusakan pada pembuluh darah (terutama pembuluh nadi jantung), kelainan pada saraf (misalnya radang selaput saraf, kehilangan daya tangkap pada getaran, dan tidak dapat mengendalikan air seni), serta memicu timbulnya penyakit ginjal.

Penderita penyakit diabetes Mellitus juga berisiko mengalami kehilangan kesadaran atau pingsan. Pingsan ini bisa terjadi karena meningkatnya glukosa dalam darah dan tidak diganti dengan menambah insulin. Bahaya pingsan karena kekurangan insulin ini selalu mengancam penderita diabetes.

Untuk penanganannya, penderita diabetes harus mampu mengontrol pola makannya. Selain itu juga perlu melakukan pemeriksaan kesehatan secara berkala untuk mengetahui kemajuan (atau justru kemunduran) yang diperoleh sehingga dapat menentukan pengobatan yang tepat.

Tak hanya mengatur pola makan, penderita diabetes Mellitus juga harus mengatur  gerak badan dengan teliti. Berolahraga ringan setiap hari sangat dianjurkan. Perhatian ekstra harus diberikan pada penderita diabetes Mellitus yang sedang hamil. Ketakmampuan ibu hamil mengatasi penyakitnya dapat mengakibatkan maut pada bayi yang berada dalam kandungannya.

Pengobatan dan Penanganan Penyakit Diabetes

Penderita diabetes tipe 1 umumnya menjalani pengobatan therapi insulin (Lantus/Levemir, Humalog, Novolog atau Apidra) yang berkesinambungan, selain itu adalah dengan berolahraga secukupnya serta melakukan pengontrolan menu makanan (diet).

Jika anda menderita penyakit Diabetes atau kencing manis guna penyembuhan penyakit anda produk kami yang sarankan :

  • Niwana SOD  berfungsi sebagai antioksidan penting mencegah keruksakan oksidatif lebih lanjut pada sel pankreas ( dosis 3 x 1 atau 3 x 2  sachet 1 jam sebelum makan )
  • Supergreen food Mengandung protein dan senyawa alami dalam jumlah yang cukup untuk regenerasi sel sel pankreas yang rusak serta vitamin dan mineral untuk kesehatan sel sel tubuh ( dosis 2 x 5 tablet 2 jam setelah makan pagi dan siang )
  • Susu Colostrum mengandung factor nutrisi dan factor tumbuh untuk membantu memperbaiki metabolism termasuk metabolisme gula. ( 1 -2 sachet sehari diminum dalam keadaan perut kosong

Semoga anda cepat sembuh dan sehat selalu

Sumber Diseases and solution KK Indonesia – Penyakit Diabetes Mellitus.

Artikel yang terkait dengan tulisan ini :

  1. Penyebab dari Diabetes Mellitus tipe 1
  2. Penyakit Diabetes Mellitus tipe 1

Tinggalkan komentar